Berolah raga adalah aktivitas yang menyehatkan, sehingga banyak disarankan para pakar kesehatan. Bahkan bagi sebagian orang olah raga adalah hal mengasyikkan. Untuk makin menambah suasana keasyikan tersebut banyak yang memilih berolah raga sambil mendengarkan musik.

Sebenarnya kampanye seperti ini pernah dilakukan perusahaan peralatan olah raga Nike dengan Appple yang kombinasikan olah raga sambil ber-iPod ria.

Tampaknya pilihan berolah raga sambil mendengarkan musik bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya penelitian baru-baru ini merilis dampak positif dari aktivitas semacam itu.

Costas Karageorghis, Peneliti dari Uninersitas Brunel, Inggris, mengungkap sejumlah dampak positif tersebut. Dalam penelitiannya Karageorghis menemukan adanya efisiensi oksigen saat berolah raga sambil mendengar musik.

Efisiensi bisa mencapai tujuh persen dari jumlah oksigen yang dibutuhkan bila dibandingkan dengan kebutuhan oksigen saat berolah raga tanpa musik. Selain itu berolah raga dengan musik juga membuat daya tahan menjadi lebih lama.

Hal ini lantaran musik dapat menghentikan "suara" ke otak yang memerintahkan tubuh berhenti berolah raga. Akibatnya olah raga tidak terlalu cepat terhenti sebelum waktunya. Bagi mereka yang terlalu manja saat berolah raga, solusi berolah raga sambil mendengar musik dapat dicoba. (lip6/pit/ft:ilustrasi)




0 komentar:

Posting Komentar